LANDASAN

Dalam pelaksanaan pendidikan pondok pesantren Daarul Fikri berlandaskan pada :

  1. Firman Allah swt:
  2. أَلَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ (24) تُؤْتِي أُكُلَهَا كُلَّ حِينٍ بِإِذْنِ رَبِّهَا وَيَضْرِبُ اللَّهُ الْأَمْثَالَ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ (25)

Artinya: “Tidakkah kamu memperhatikan bagaimana Allah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya kuat dan cabangnya kelangit . (pohon) itu menghasilkan buahnya pada setiap waktu dengan seizin Rabbnya. Dan Allah membuat perumpamaan itu untuk meanusia agar mereka selalu ingat”. (Q.S: Ibrahim: 24-25)

  • وَمَا كَانَ الْمُؤْمِنُونَ لِيَنْفِرُوا كَافَّةً فَلَوْلَا نَفَرَ مِنْ كُلِّ فِرْقَةٍ مِنْهُمْ طَائِفَةٌ لِيَتَفَقَّهُوا فِي الدِّينِ وَلِيُنْذِرُوا قَوْمَهُمْ إِذَا رَجَعُوا إِلَيْهِمْ لَعَلَّهُمْ يَحْذَرُونَ (122)

Artinya: “… Dan tidak sepatutnya orang-orang mukmin itu semuanya pergi (ke medan perang). Mengapa sebagian dari setiap golongan di antara mereka tidak pergi untuk memperdalam pengetahuan agama mereka dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali, agar mereka dapat menjaga dirinya ”. (Q.S: Mujadilah: 122).

  • Sabda Rasulullah saw:
  • عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: ” إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ: إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ ” (رواه مسلم)

Artinya: “Dari Abi Hurairah, bahwasannya Rasulullah saw bersabda: apabila insan telah meninggal telah terputus amal darinya kecuali tiga hal: shadaqah Jariyah, atau ilmu yang bermanfaat atau anak shaleh yang mendoakannya”. (HSR. Muslim).

VISI

Bertauhid, Berakhul karimah, Berwawasan Keilmuan, mandiri Serta Mampu Menguasai Teknologi Untuk Kemaslahatan Umat Islam.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Islam berbasis Pesantren yang berkualitas dengan mengedepankan pendidikan tauhid, berakhlak mulia, berwawasan keilmuan memiliki kemandirian serta menguasai teknologi untuk kemaslahatan umat Islam.
  2. Menyelenggarakan kurikulum yang berkarakter, integral serta menyeluruh (holistik) guna menjawab tantangan pada zamannya.
  3. Mewujudkan suasana belajar yang Islami yang dapat memenuhi kebutuhan Rohaniah, Aqliyah serta jasadiyah.
  4. Menyelenggarakan pendidikan kemandirian yang didukung oleh teknologi pada zamannya.

TUJUAN

  1. Mencetak lulusan yang memiliki dasar Aqidah, akhlak dan berwawasan keilmuan syar’i yang mampu menjadikan amaliyah shalihah.
  2. Mencetak lulusan yang mampu mentelaah literasi Islam dengan pemahaman yang baik dan benar sesuai manhaj Ahlu Sunnah wal Jama’ah.
  3. Mencetak lulusan yang berpikir bebas lillah.
  4. Mencetak lulusan mandiri yang siap berdaya guna bagi masyarakat, nusa bangsa serta negara.